Pengeluaran Kelas Menengah Kota

Biaya Hidup

Semua pengeluaran untuk bertahan hidup yaitu pangan, sandang, papan dan transportasi. Yang untuk menghilangkannya sama sekali kita harus mati dulu. Kalau terpaksa harus menghilangkan sebagian maka tergolong miskin atau perlu bantuan. Cicilan rumah atau uang kontrak dan semua pengeluaran untuk memfungsikan rumah seperti listrik, air, telepon dan iuran sampah masuk dalam kategori ini.

Gaya Hidup

Semua pengeluaran yang sifatnya menyenangkan hati atau menyamankan hidup. Contoh: makan di luar, shopping, liburan, semua pengeluaran yang ditimbulkan oleh hobi, memanjakan diri seperti spa, TV kabel, WiFi, gadget dll. Bisa jadi kita merasa itu semua kebutuhan karena lazim di lingkungan pergaulan kita. Tanyakan ke diri sendiri: “Apakah aku bisa tetap hidup tanpa pengeluaran X? Bisa tetap menghasilkan uang?”. Kalau jawabnya “bisa”, meski kita merasa itu kebutuhan, masukkan dalam gaya hidup.

Kesehatan

Semua pengeluaran demi mengatasi masalah kesehatan. Dengan ilmu kedokteran ataupun bukan. Setoran BPJS atau asuransi kesehatan (yang biasanya jadi satu dengan asuransi jiwa) masukkan sini. Gitu juga dengan pijat bayi, vaksinasi-imunisasi dan suplemen.

Pendidikan

Bukan cuma pendidikan formal tapi juga informal. Bukan cuma pendidikan anak tapi juga pendidikan kita. Ambil kursus online termasuk pendidikan. Pengembangan diri seperti membeli buku untuk nambah ilmu dan keahlian (bukan untuk hiburan atau memuaskan hobi membaca) masukkan sebelah sini. Jangan cuma SPP anak yang dihitung, hitung juga biaya antar-jemput, biaya ekskul, uang les, field-trip dan keperluan sekolah seperti alat tulis, tas, sepatu dll.

Pekerjaan dan Penghasilan

Semua pengeluaran untuk bisa tetap menghasilkan uang baik itu lewat pekerjaan, usaha atau keahlian. Contoh: biaya transportasi pulang-pergi kerja. Contoh lain: paket data. Dengan catatan memang lebih banyak kita pakai utk kebutuhan kerja atau untuk cari uang tambahan.

Harta-Benda

Semua pengeluaran yang ditimbulkan oleh kepemilikan. Punya rumah nganggur di luar kota harus siap dengan pengeluaran listrik-air, PBB dan perbaikan kecil. Pisahkan dari Biaya Hidup karena rumah ini nggak kita tinggali. Punya tanah kosong di luar kota harus ditembok atau dipagar biar nggak dipakai orang. Berusahalah jeli mengamati semua biaya yang timbul karena punya lebih banyak dari yang perlu. Punya banyak pecah-belah butuh rak ekstra kan?

Komunitas & organisasi

Aktif di komunitas tertentu atau organisasi tertentu, meski cuma kelas PKK, pasti menimbulkan pengeluaran. Mungkin sumbangan-iuran, bensin, bisa jadi baju, konsumsi acara, atau bepergian ke luar kota. Jadi Pak RT pasti harus siap nombok’i biaya kegiatan RT.

Sosial

Semua pengeluaran yang timbul karena kita nggak hidup seorang diri di hutan, karena punya keluarga besar, punya tetangga, punya lingkungan kerja. Segala macam buwuh dan sumbangan sakit/kematian masukkan sini. Gitu juga dengan biaya Lebaran. Sebetulnya yang secara langsung berkaitan dengan agama kan cuma zakat fitrah. Bagi-bagi amplop, kue kering, open house dan baju baru kan ekspektasi (yang diciptakan) lingkungan sosial.

Tabungan & Investasi

Semua uang yang bisa kita sisihkan dan simpan dalam jangka waktu tahunan demi memperbaiki tingkat kesejahteraan. Jadi uang yang bisa kita sisihkan bulan ini tapi bulan depannya terpakai buat berobat, itu bukan tabungan yang dimaksud di sini. Tabungan untuk liburan ke luar negeri masukkan di Gaya Hidup. Tabungan untuk ganti laptop yang kita pakai cari uang masukkan di Pekerjaan & Sampingan. Contoh tabungan: Dana Darurat yang akan kita pakai bila suami di-PHK atau meninggal, Dana Pensiun untuk biaya hidup di masa pensiun, Dana Pendidikan Tinggi anak untuk menjamin masa depannya, tabungan untuk modal buka usaha, tabungan untuk beli rumah ke-2 buat dikontrakkan, tabungan untuk beli saham.

Agama & Filantrofi

Semua pengeluaran yang berkaitan dengan ajaran agama seperti zakat, haji, kurban, aqiqah dll. Termasuk juga kedermawanan, baik yang dianjurkan agama atau bukan seperti menafkahi orang tua, sedekah, infaq, membiayai anak asuh dll. Tabungan kurban atau tabungan umrah-haji masukkan sebelah sini.